*Celoteh
Era komunikasi di zaman teknologi saat ini menjadikan keseharian kita nyaris dipenuhi oleh iklan. Dan memang sering ditemukan, saat menyaksikan siaran tv, melintas di jalan, hingga pemanfaatan media jejaring. Entah iklan produk, perusahaan, kelembagaan, hingga politik.
Penyajian iklan pun bervariasi dan kreatif, semua demi kesinambungan pesan yang disampaikan dan mengikuti inovasi kekinian.
Proses penciptaan karya (iklan) tersebut sangat luar biasa sebab komunikasi yang terbangun di dalamnya harus sesuai atau dapat diterima (dinikmati) oleh halayak.
Tidak sedikit iklan yang tercipta kemudian tidak terpublis, sebab setelah melalui tahapan uji kelayakan, hasilnya dinilai tidak maksimal. Belum lagi iklan yang memenuhi syarat, meskipun sudah dipublis, namun dengan hasil yang kurang berbobot menjadikannya kurang dinikmati oleh halayak sehingga berujung ambil remot dan mengganti siaran. :D
*Karya seni
Iklan merupakan salah satu karya seni, dengan penciptaan yang intuitif kemudian penyajiannya menggunakan simbol-simbol hingga keutuhannya memiliki nilai estetik tersendiri. Meskipun demikian, menyimpulkan sesuatu mengenai keindahan menjadi proses kebebasan meberikan penilaian. Keterbatasan rasa dan pemahaman keindahan yang ada menjadi tolak ukur kepada mereka yang menikmati sesuatu. Demikianlah karya seni (iklan) yang bisa dinikmati dan dimaki.
*Kenapa mesti ada
Kehadiran iklan sendiri bukan hal yang harus ditolak apalagi menyarankan untuk tidak diciptakan. Ada banyak hal yang mesti disampaikan atau diperkenalkan oleh siapa saja. Sedangkan sebagai masyarakat patut memaklumi pesan-pesan tersebut ketika diperhadapkan.
Sebagai wujud masyarakat yang memahami hal ini akan menganggapnya sebagai hal biasa atau bahkan bersyukur telah mendapatkan informasi dari pesan iklan tersebut. Berinovasi dalam pembuatan iklan tidaklah ketinggalan, imbasnya terkadang keindahan terselip di balik pesan-pesan (simbol) yang sulit dimengerti, ini menjadi perkembangan menciptakan iklan, sehingga pesannya akan sampai ke halayak dengan bermacam-macam interpretasi.
*Mengapa dibedah
Iklan yang sudah tersaji dan terlanjur diperhadapkan akan menjadi masalah ketika interpretasi yang lahir dicoba untuk dibahas dan dikaji.
*Bagaimana kesadaran
Masyarakat sebagai sasaran iklan terkadang menganggap iklan itu hal biasa saja. Akan tetapi ketika melibatkan rasa dan sempat ternikmati menjadi sesuatu yang indah.
*Apakah dampak
Dan pastinya, ketika iklan tersebut tergarap dengan audio/visual yang unik, menarik, inovatif, menyesuaikan kekinian, dan pesannya tersampaikan niscaya masyarakat akan mengapresiasi (mengenal dan menikmatinya) setidaknya berhasrat untuk membeli. Namun jika sebaliknya, mungkin demikianlah apa yang anda lakukan saat "waktunyaaa iklaaaaaaannn..." :D =))
infuz, tera 20/10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar